Ad (728x90)

Tuesday, October 11, 2016

Filled Under: , ,

Metode Numerik Analisis Algoritma

Categorized Social News Tugs


MASALAH METODE NUMERIK


A.    Pengertian

Metode Numerik adalah suatu metode atau teknik untuk menyelesaikan masalah masalah matematika dengan pengoperasian aritmatika secara iteratif, efektif dan efisien. Sebelum komputer digunakan untuk penyelesaian, dilakukan dengan berbagai metode, yang digunakan antara lain :
a.       Metode Analitik : Solusi yang sangat berguna akan tetapi terbatas pada masalah sederhana. Jika masalah yang dihadapi masalah sesungguhnya yang kompleks dan
b.      Metode Grafik : Metode yang digunakan untuk pendekatan penyelesaian yang kompleks. Kendalanya metode yang lambat, tidak terlalu akurat, dan sangat lama.
c.       Kalkulator dan Slide Rush : Penyelesaian numerik secara manual. Cara yang cukup lama dan sering terjadi kesalahan pemasukkan data.

Metode numerik merupakan pemecah masalah yang sangat handal yang dapat mengatasi berbagai kelemahan-kelemahan yang ada pada metode sebelumnya. Pada umumnya permasalahan pada sains dan teknologi digambarkan dalam persamaan matematika. Dengan metode numerik, user terbebas dari hitung menghitung yang membosankan.
Program numerik seperti METLAB, MAPLE dan sebagainya yang dipakai untuk menyelesaikan masalah matematika dengan metode numerik. Metode numerik adalah suatu sarana untuk memahami matematika, karena metode numerik merupakaan fungsi yang menyederhanakan matematika yang lebih tinggi dengan operasi hitungan dasar.

Manfaat:
1.      Dapat menangani sistem persamaan yang sangat besar, tidak linier serta geometri rumit.
2.      Dasar pengetahuan yang digunakan dalam program aplikasi komputer yang mencakup metode numerik.
3.      Mengoptimalkan penggunaan kalkulator dan komputer dalam mencari pemecahan masalah matematika yang rumit.
4.      Pemahaman tentang pengendalian pendekatan dalam kalkulasi numerik.

Tahap-Tahap Memecahkan Persoalan Secara Numerik yang dilakukan dakam pemecahan persoalan dunia nyata dengan metode numerik, yaitu:
  1. Pendefinisian masalah (apa yang diketahui dan apa yang diminta).
  2. Pemodelan, Persoalan dunia nyata dimodelkan ke dalam  persamaan matematika
  3. Penyederhanaan model, Model matematika yang dihasilkan dari tahap sebelumnya mungkin saja terlalu kompleks, yaitu memasukkan banyak peubah (variable) atau parameter. Semakin kompleks model matematikanya, semakin rumit penyelesaiannya. Mungkin beberapa andaian dibuat sehingga beberapa parameter dapat diabaikan.  Model matematika yang diperoleh dari penyederhanaan menjadi lebih sederhana sehingga solusinya akan lebih mudah diperoleh.
  4. Formulasi numerik, Setelah model matematika yang sederhana diperoleh, tahap selanjutnya adalah memformulasikannya secara numerik
  5. Pemrograman, Tahap selanjutnya adalah menerjemahkan algoritma ke dalam program komputer
    dengan menggunakan salah satu bahasa pemrograman yang dikuasai.
  6. Operasional, Pada tahap ini, program komputer dijalankan dengan data uji coba sebelum   data yang sesungguhnya.
  7. Evaluasi, Bila program sudah selesai dijalankan dengan data yang sesungguhnya, maka hasil yang diperoleh diinterpretasi. Interpretasi meliputi analisis hasil run dan membandingkannya dengan prinsip dasar dan hasil-hasil empirik untuk menaksir kualitas solusi numerik, dan keputusan untuk menjalankan kembali
    program dengan untuk memperoleh hasil yang lebih baik.

    Referensi : fairuzelsaid

Adj

Author & Editor

Silahkan Copy Paste Tapi Cantumin Link Sumber Ya kk (^3^) Ok | Kalo Gak Tak Tabok (---)p

0 komentar:

Post a Comment

 

We are featured contributor on entrepreneurship for many trusted business sites:

  • Copyright © Tutorial Makassar™ is a registered trademark.
    Blogger Templates Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.